General Knowledge: Pengaruh Internet Terhadap Pariwisata

Ditulis pada 11 November 2022 oleh Daffa Azhar Putra Utama

6 min read

6480 views


Pendahuluan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pada saat ini, internet telah memberikan dampak yang sangat besar pada seluruh sektor yang ada di dunia. Pada artikel ini, saya akan membagikan informasi terkait dampak yang telah diberikan oleh internet pada sektor pariwisata.

Slide 4 - 6

Sebelum ada internet, kondisi yang terjadi di pariwisata adalah antrean yang panjang, massa tidak terkendali, dan pembelian tiket harus ke loket. Selain itu, media promosi yang digunakan untuk mempromosikan suatu destinasi menggunakan media konvensional, seperti pamflet dan poster. Hal ini tentunya berakibat pada promosi yang tidak merata dan mayoritas pengunjung destinasi wisata adalah warga lokal.

Slide 8 - 10

Setelah ada internet, kondisi berubah 180 derajat. Yang terjadi pada sektor pariwisata memungkinkannya pemesanan tiket via aplikasi online, seperti Traveloka, Pegi-Pegi, dsb. Media promosi yang digunakan untuk mempromosikan suatu destinasi juga berbeda. Yang awalnya menggunakan media konvensional, kini destinasi wisata menggunakan promosi digital untuk menjangkau lebih banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara.

Penutup

Itulah informasi tentang pengaruh internet pada sektor pariwisata. Sekian yang dapat saya berikan, terima kasih! Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.