Membuat Blog dengan Layanan UPT Jaringan Kampus PENS

Ditulis pada 12 November 2022 oleh Daffa Azhar Putra Utama

6 min read

6480 views


Pendahuluan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sebagai politeknik nomor 1 dan terbaik di Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang kegiatan perkuliahan bagi civitas akademika di dalamnya. Salah satu dari fasilitas tersebut adalah layanan hosting website dan cloud storage yang bernama FTP PENS. Pada artikel ini, saya akan membagikan informasi terkait cara menggunakan fasilitas tersebut dalam membuat sebuah blog pribadi.

Apa Itu Blog?

Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya gaya hidup, keuangan, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya. Selain dikelola perseorangan, blog juga banyak digunakan oleh bisnis. Ada banyak fungsi dan manfaat blog yang tentunya menguntungkan untuk bisnis. Misalnya, sebagai branding, publikasi, hingga mempromosikan produk. Itulah alasan mengapa 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog pada marketing plan mereka.

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat blog dengan UPT Jaringan Kampus PENS:

  1. Siapkan website statis berupa file HTML, CSS, dan JavaScript (jika ada). Pastikan file utama HTML bernama index.html.

  2. Kunjungi website FTP PENS (https://web.student.pens.ac.id/webftp/) dan lakukan login dengan memasukkan NetID dan password.

  3. Upload file yang telah disiapkan sebelumnya dengan melakukan klik pada tombol upload folder

  4. Selamat! Website anda berhasil online. Anda dapat mengunjungi website Anda melalui link NetId.it.student.pens.ac.id. Contoh: daffaazhar.it.student.pens.ac.id.

Penutup

Itulah cara untuk membuat blog pribadi menggunakan layanan UPT Jaringan Kampus PENS. Sekian yang dapat saya berikan, terima kasih! Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.